Evaluasi terhadap Teologi Pluralisme Agama Stanley Samartha

Authors

  • Thio Christian Sulistio

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v10i2.216

Keywords:

Pluralism -- Religious aspects -- Christianity, Religious pluralism -- Christianity., Samartha, S. J. (Stanley J.), 1920-

Abstract

Teologi pluralisme agama menjadi sebuah pilihan yang menarik di era globalisasi. Di era ini, orang-orang Kristen hidup di dalam masyarakat yang majemuk. Seiring dengan ramainya migrasi penduduk dari Selatan ke Utara dan dari Timur ke Barat, kemajemukan agama ditemukan bahkan di negara-negara Barat yang dulu dianggap homogen. Sejalan dengan ini, teologi pluralisme agama yang menganggap bahwa semua agama membawa orang-orang kepada satu realitas ilahi menjadi pilihan yang menarik karena dianggap demokratis dan toleran. Karena itu, penulis mencoba menganalisis teologi pluralisme agama, khususnya pada diri teolog Samartha dan akan mengevaluasi apakah teologinya sampai pada tujuannya yaitu toleran terhadap agama-agama itu sendiri dan cukup kokoh secara intelektual. Penulis akan membagi artikel ini ke dalam tiga bagian besar: pemaparan tentang latar belakang Samartha, pemaparan tentang teologinya, dan evaluasi terhadap teologi pluralisme agama Samartha.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-10-2009

How to Cite

Sulistio, Thio Christian. “Evaluasi Terhadap Teologi Pluralisme Agama Stanley Samartha”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 10, no. 2 (October 1, 2009): 239–257. Accessed October 21, 2021. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/216.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)