Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Penulis menyatakan bahwa naskah ini belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di jurnal lain, dan selama proses penilaian tidak akan ditarik dan dikirimkan ke jurnal lain.
  • Penulis menyatakan bahwa naskah yang diserahkan adalah asli, bebas dari fabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, duplikasi dan pelanggaran hak cipta data atau isi.
  • Penulis sudah memastikan blind review, yaitu terjaganya kerahasiaan identitas pribadi di dalam naskah maupun di dalam properties dokumen.
  • Penulis bersedia memperbaiki naskah yang telah dinilai dan tidak menariknya secara sepihak tanpa memberitahu redaksi, terutama jika naskah sedang dalam proses penilaian.
  • Penulis tidak berkeberatan jika naskah mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi atau ide pokok tulisan.
  • Naskah sudah menggunakan gaya sitasi dan daftar referensi sesuai dengan Turabian edisi ke-8.

Author Guidelines

1. Naskah yang diserahkan dapat berupa artikel atau ulasan buku. Panjang artikel minimal 4000 kata dan tinjauan buku minimal 500 kata. Untuk tinjauan buku perlu menyertakan gambar sampul buku.

2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dengan menggunakan standar bahasa akademik. Untuk bahasa Indonesia mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Edisi ke-4 Tahun 2016 yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Naskah diketik dalam bentuk Microsoft Word menggunakan ukuran kertas A4 dengan margin atas 25 mm, margin bawah 25 mm, margin kiri 20 mm dan margin kanan 20 mm. Naskah diketik menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 pt (kecuali judul artikel 14 pt) dan spasi antarbaris 1,15. 

4. Sistematika penulisan artikel terdiri dari dua jenis. Pertama, artikel yang berupa hasil penelitian memiliki kerangka penulisan yang terdiri dari pendahuluan, telaah literatur, metodologi penelitian, hasil penelitian dan diskusi hasil penelitian, kesimpulan dan saran, serta daftar kepustakaan (templat dapat diunduh di sini). Kedua, artikel yang berupa kajian konseptual dan jenis lainnya yang bukan hasil penelitian memiliki kerangka penulisan yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan atau diskusi, kesimpulan, dan daftar kepustakaan (templat dapat diunduh di sini).

5. Pengutipan referensi dilakukan dengan menggunakan catatan kaki dan daftar rujukan mengikuti format Turabian edisi ke-8 (petunjuk pengutipan dapat diunduh di sini). Daftar rujukan dituliskan di akhir artikel dan masukkan hanya yang disitir dalam artikel. Daftar rujukan diurutkan berdasarkan alfabet. Untuk penulisan rujukan diharapkan menggunakan reference tools seperti Mendeley atau Zotero.

6. Di bawah judul berturut-turut dicantumkan nama penulis (tanpa gelar), afiliasi (lembaga atau institusi) dan alamat korespondensi surat elektronik. 

7. Abstrak dan kata-kata kunci diketik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan panjang berkisar antara 100-250 kata. Untuk naskah dalam bahasa Inggris tidak perlu menyertakan abstrak bahasa Indonesia.

8. Penerimaan naskah bergantung pada kesesuaian isi naskah dengan fokus dan cakupan jurnal ini, hasil penilaian oleh penelaah sejawat, perbaikan oleh penulis (sesuai catatan evaluasi dari penelaah), dan similarity check oleh redaksi melalui Turnitin dengan nilai maksimum 15%.

9. Naskah diserahkan secara daring melalui tautan Make a new submission. Lihat Petunjuk Penyerahan Naskah Secara Daring atau unduh di sini.

Privacy Statement

Nama dan alamat yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk kepentingan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan oleh pihak lain.