Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau diserahkan kepada jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau disertakan penjelasan kepada Editor dalam kolom komentar).
    (The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • Format file naskah dalam bentuk OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF. (The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.)
  • Sertakan tautan URL referensi jika tersedia. (Where available, URLs for the references have been provided).
  • Naskah ditulis dengan spasi ganda,besar huruf 12 poin, menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali alamat URL); semua ilustrasi, gambar dan tabel diletakkan dalam teks. (The text is double-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.)
  • Naskah menggunakan gaya sitasi dan daftar kepustakaan Turabian 8. (The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements in Turabian 8).

Author Guidelines

Kami mengucapkan terima kasih atas pilihan anda untuk menyerahkan artikel anda kepada kami. Artikel  harus dilengkapi catatan penegasan dari penulis bahwa “Artikel ini belum pernah disumbangkan atau diterbitkan di mana pun.”  Hal ini berarti Veritas hanya menerima artikel yang belum diterbitkan dan yang salinannya belum pernah diserahkan ke penerbit mana pun. Veritas  akan mempertimbangkan penerbitan tiap sumbangan artikel serta akan menyunting atau memodifikasinya menurut ketentuan umum yang berlaku.  Artikel yang diterima untuk dimuat atau tidak, akan diberitahukan secara tertulis kepada penulis paling lambat tiga bulan setelah tanggal penerimaan naskah.  Naskah yang diterima untuk diterbitkan menjadi hak cipta (copyright) dari Veritas.  Permohonan untuk cetak ulang sebagian atau seluruh bagian harus dibuat kepada Redaksi.  Permohonan tersebut tidak diperlukan bila penggandaan tersebut dibutuhkan untuk riset, kuliah, atau diskusi kelas.  Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan kepada penulis. Naskah dapat berkisar antara 15-25 halaman spasi rangkap (termasuk catatan kaki) dan diketik dengan ukuran kertas A4, dengan jarak tepi (margin) 2 cm pada semua sisi. Di bagian awal artikel harap ditulis abstrak dan kata-kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.  Penulis harus melampirkan biodata singkat bersama dengan penyerahan naskah.  Informasi biodata harus meliputi: nama lengkap, alamat, email, gelar akademik, almamater, jabatan/posisi pelayanan terakhir, kekhususan bidang pelayanan, dan minat/keprihatinan. Setiap penulis bertanggung jawab terhadap keakuratan data artikelnya serta dapat menjaga integritas keilmiahan dan orisinalitas dari keseluruhan isi artikel.  Kami menolak artikel yang berbau plagiarisme.  Menurut Webster’s Ninth New Collegiate Dictionary (1991), melakukan tindakan plagiarisme adalah “to steal and pass off (the ideas or words of another) as one’s own,” “pencurian dan pemindahan ide atau kata-kata milik pihak lain yang dianggap sebagai miliknya sendiri”; “use (a created production) without crediting the source,” “penggunaan hasil ciptaan orang lain tanpa penghargaan kepada sumbernya.”  Hal ini berarti materi yang diambil dari suatu sumber harus dinyatakan dan didokumentasikan.  Karena itu, selain pemeriksaan isi tulisan oleh Tim Penyunting Veritas, masing-masing penulis secara pribadi bertanggung jawab terhadap integritas dan keaslian penulisan, ketepatan pengutipan, referensi catatan kaki, dan akurasi dari keseluruhan isi artikel.

Privacy Statement

Nama dan alamat yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk kepentingan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan oleh pihak lain.