Membaca Kisah Orang Samaria yang Murah Hati dengan Kacamata Psikologi Sosial

Authors

  • Timotius Wibowo GKI Residen Sudirman, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v1i2.35

Keywords:

Good Samaritan (Parable)

Abstract

Kisah orang Samaria yang murah hati (Lukas 10:25-35) merupakan salah satu perumpamaan Yesus yang populer. Salah satu sebabnya adalah tema yang diangkat dalam kisah ini--yaitu menolong orang lain-–sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari para pendengarnya. Dengan demikian para pendengarnya tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk memberikan penilaian moral kepada tokoh-tokoh yang terlibat dalam kisah tersebut. Mereka juga akan lebih mudah untuk memahami arti perumpamaan ini dan mengingatnya. Karena perumpamaan ini berbicara tentang hubungan seseorang dengan orang lain (sesama), maka akan sangat relevan dan menarik apabila kisah ini juga disoroti dari sudut pandang psikologi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Timotius Wibowo, GKI Residen Sudirman, Surabaya

Penulis menyelesaikan studi magister konseling di Seminari Alkitab Asia Tenggara (2000); sekarang melayani di GKI Residen Sudirman, Surabaya

Downloads

Published

01-10-2000

How to Cite

Wibowo, Timotius. “Membaca Kisah Orang Samaria Yang Murah Hati Dengan Kacamata Psikologi Sosial”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 2 (October 1, 2000): 223–230. Accessed June 19, 2024. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/35.

Issue

Section

Articles