Calvin dan Tuduhan Skisma dari Katolik Roma terhadap para Reformator : Sebuah Studi tentang Kesatuan Gereja

Authors

  • Hidalgo Ban Garcia

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v3i1.80

Keywords:

Reformation., Church -- Unity., Calvin, Jean, 1509-1564

Abstract

Calvin bisa dianggap sebagai seorang pemimpin gereja yang ekumenikal. Namun, dalam kebanyakan studi tentang sikap ekumenikal Calvin, mau tidak mau kita merasakan adanya prasuposisi yang tidak semestinya, yang tidak berhubungan dengan situasi aktual abad keenam belas dan tujuh belas. … Artikel ini berisi sebagai berikut: tuduhan skismatik dari Katolik Roma terhadap para Reformator, pemahaman Katolik Roma tentang kesatuan, respons Calvin atas tuduhan skisma, dan akhirnya, pada bagian kesimpulan, pengertian Calvin tentang kesatuan gereja, yang diintisarikan dari responsnya terhadap tuduhan skisma dan dari Institutes. Yang pertama dari tiga bagian ini akan diambil terutama dari traktat-traktat dan risalah-risalah yang berhubungan langsung dengan polemik-polemik Calvin-Roma Katolik.9 Semua isu yang dipresentasikan dalam artikel ini, tentu saja, terdapat dalam Institutes, dan dengan demikian, saya akan mengutip bagian-bagian Institutes yang paralel dan relevan pada catatan kaki.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hidalgo Ban Garcia

Penulis adalah adalah kandidat Ph. D. dalam bidang Systematic Theology di Calvin Theological Seminary; Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat; bersama istrinya ia pernah melayani di OMF Malaysia, Indonesia dan Singapura

Downloads

Published

01-04-2002

How to Cite

Ban Garcia, Hidalgo. “Calvin Dan Tuduhan Skisma Dari Katolik Roma Terhadap Para Reformator : Sebuah Studi Tentang Kesatuan Gereja”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 3, no. 1 (April 1, 2002): 37–59. Accessed August 19, 2022. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/80.

Issue

Section

Articles