Membangun Gereja Secara Integratif-Ilahi-Insani Selaku Umat Allah-Tubuh Kristus-Bait Roh Kudus : Suatu Analisis terhadap Teologi O. E. Costas mengenai Pertumbuhan Holistik Gereja

Authors

  • Martin Luther Tingginehe

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v4i2.111

Keywords:

Church growth., Costas, Orlando E., Mission.

Abstract

Seiring dengan merebaknya isu pertumbuhan gereja, salah satu wujud tanggung jawab kita sebagai saksi Kristus dan pelayan injil adalah mengenali, menilai serta menyikapi berbagai konsep pertumbuhan gereja yang ada. Melalui tulisan ini kita akan mencermati konsep pertumbuhan holistik gereja dari Orlando E. Costas yang tertuang dalam buku-bukunya, The Church and Its Mission: A Shattering Critique from the Third World, The Integrity of Mission dan sebuah artikel berjudul “A Wholistic Concept of Church Growth.” Konsep ini menarik, baik dan layak dicermati karena dinilai kritis, kontekstual dan injili-integral-aplikatif. “Kritis” berarti bahwa ia juga mengkritisi atau menyoroti secara tajam isu kekinian pertumbuhan gereja. Yang dimaksud kontekstualk adalah pemikirannya “mengena” bagi gereja Indonesia. Sedangkan “injili-holistik-aplikatif” menunjuk pada jiwa misi injili (pendekatan misiologis yang alkitabiah menurut penekanan Kristen injili), berupaya melihat isu secara utuh-padu-antero, dan bisa diterapkan hingga tingkat lokal. Riwayat Costas akan mendahului penyajian garis besar teologinya. Pada bagian selanjutnya akan dibahas analisis pemikirannya untuk membantu kita lebih menghayati konsep pandangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-10-2003

How to Cite

Tingginehe, Martin Luther. “Membangun Gereja Secara Integratif-Ilahi-Insani Selaku Umat Allah-Tubuh Kristus-Bait Roh Kudus : Suatu Analisis Terhadap Teologi O. E. Costas Mengenai Pertumbuhan Holistik Gereja”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 4, no. 2 (October 1, 2003): 239–261. Accessed April 20, 2024. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/111.

Issue

Section

Articles