Rahasia Jati Diri Yesus dalam Injil Markus : Suatu Tinjauan terhadap Tesis William Wrede

Authors

  • Suliana Gunawan Seminari Alikitab Asia Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v2i1.48

Keywords:

Jesus Christ -- Person and offices., Wrede, William, 1859-1906

Abstract

Kristologi dimulai ketika manusia mulai mengungkapkan kesaksian imannya di dalam nama Yesus. Momentum paling krusial yang tercatat di dalam Kitab Injil adalah ketika Petrus memberikan pengakuan kepada Yesus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” (Mat. 16:16; Mrk. 8:29; Luk. 9:20). Suatu pengakuan yang dibenarkan oleh Yesus sendiri, sesuai dengan kesadaran diri-Nya sebagai Mesias yang telah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama. Dalam sejarah kekristenan studi kristologi yang signifikan telah banyak dilakukan dan telah memunculkan tantangan terhadap pemahaman kristologi tradisional gereja-gereja Kristen yang sudah berlangsung selama berabad-abad. Pemahaman-pemahaman yang baru selalu berupaya untuk mencapai suatu konklusi yang berbeda dengan pemahaman sebelumnya dengan cara mempertanyakan kembali kesadaran Mesianik dari Yesus. Akibatnya pertanyaan ini telah menimbulkan banyak perdebatan di kalangan para teolog karena setiap mereka berusaha untuk memberikan jawaban menurut sudut pandangnya masing-masing. Salah seorang dari antara jajaran teolog yang terlibat dalam perdebatan yang sengit ini adalah William Wrede. Ia adalah pelopor yang berinisiatif menganalisa dan menghargai natur teologi kitab-kitab Injil Sinoptik. Ia jugalah yang pertama kali memprakarsai studi Injil Markus dengan teorinya yang disebut Messianic Secret. Karena upaya inilah Injil Markus dapat dikenal sebagai Injil yang mengandung berita teologis yang berbeda, bukan hanya sekadar mengisahkan kembali sejarah pelayanan Yesus. Sebelum Wrede Injil Markus secara tradisional diperlakukan sebagai kitab yang paling sedikit bernilai teologis meskipun kitab ini diterima sebagai kitab yang paling dapat dipercaya dan sebagai dokumen historis dari antara keempat Injil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suliana Gunawan, Seminari Alikitab Asia Tenggara

Penulis adalah alumnus Seminari Alkitab Asia Tenggara (1984); menyelesaikan studi magister divinitas dan magister teologi di International Theological Seminary, Los Angeles (1995); sekarang melayani sebagai dosen paro waktu dan staff  Departemen Literatur di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang.

Downloads

Published

01-04-2001

How to Cite

Gunawan, Suliana. “Rahasia Jati Diri Yesus Dalam Injil Markus : Suatu Tinjauan Terhadap Tesis William Wrede”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 1 (April 1, 2001): 113–121. Accessed April 20, 2024. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/48.

Issue

Section

Articles