Kepemimpinan Yohanes Pembaptis

Authors

  • Armand Barus STT Cipanas

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v3i1.82

Keywords:

John, the Baptist, Saint, Leadership -- Religious aspects -- Christianity.

Abstract

Seorang pemimpin biasanya menimbulkan dua hal yang kontradiktif. Ia bisa dikasihi atau sebaliknya, dibenci oleh orang-orang yang dipimpinnya. Ada berbagai alasan atau motivasi yang dapat menimbulkan dua hal kontradiktif sebagai akibat kepemimpinan seseorang. Namun pembahasan mengenai soal ini, meski penting, tidak dapat diuraikan di sini. Artikel ini lebih dititikberatkan pada diri seorang pemimpin ketimbang respons terhadapnya. Relasi benci-kasih terhadap seorang pemimpin akan menimbulkan pertanyaan: “Apa sebenarnya tugas dan fungsi seorang pemimpin?” Dari sekian banyak figur Alkitab, kepemimpinan Yohanes Pembaptis terkesan sangat menonjol dan dramatis. Dengan pendekatan naratif saya berupaya menyusun suatu potret Yohanes Pembaptis. Kompleks dan luasnya masalah menyebabkan data-data dasar hanya bersumber dari injil Yohanes sehingga tentu saja hasilnya bukan merupakan sebuah potret yang utuh. Namun paling sedikit sketsa ini diharapkan dapat mendorong penelitian lanjutan terhadap karakter Yohanes Pembaptis. Penelaahan dimulai dari Yohanes 1:1-18, dilanjutkan dengan bagian lain dari kitab ini. Sudah merupakan kelaziman di kalangan pakar injil Yohanes memberi label Prolog untuk 1:1-18. Melalui artikel ini saya ingin menguji apakah benar Prolog tersebut merupakan miniatur injil Yohanes? Jika bagian ini dinyatakan sebagai injil Yohanes dalam bentuk padat dan ringkas, maka kitab ini tentulah merupakan uraian lanjutan dari Prolog. Kita akan menguji tesis ini dengan melihat karakterisasi Yohanes Pembaptis dalam Prolog dan injil Yohanes. Dengan perkataan lain, pertanyaan yang akan ditelusuri adalah: Apakah Prolog merupakan bagian integral dari injil Yohanes?

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Armand Barus, STT Cipanas

Penulis adalah insinyur lulusan Universitas Sumatera Utara, Medan, menyelesaikan program M. Div. dan M. Th. (with distinction) di Trinity Theological College, Singapura, serta Ph. D. di University of Aberdeen, Inggris; kini melayani sebagai dosen biasa di STT Cipanas

Downloads

Published

01-04-2002

How to Cite

Barus, Armand. “Kepemimpinan Yohanes Pembaptis”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 3, no. 1 (April 1, 2002): 73–81. Accessed June 25, 2022. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/82.

Issue

Section

Articles