Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia 

Authors

  • Wahyu Pramudya

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v2i2.63

Keywords:

Christian education -- Indonesia., Freire, Paulo, 1921-1997, Education -- Philosophy.

Abstract

Paulo Freire adalah salah seorang dari sembilan pendidik Kristen—baik dari kalangan Protestan maupun Katolik—yang dianggap paling berpengaruh di abad ke-20 ini. Berbeda dengan delapan pendidik lain yang kebanyakan lahir dan berkarya di negara maju, Freire dilahirkan dan berkarya, dalam sebagian besar hidupnya, di dunia ketiga. Latar belakang sosial budaya dari pemikiran Freire yang tidak terlalu berbeda jauh dengan kondisi Indonesia inilah yang menjadi salah satu alasan utama untuk mengenal dan mencoba menggali relevansi pemikirannya bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya, dan secara khusus untuk pendidikan Kristen di Indonesia. Tulisan ini akan mencoba memperkenalkan filsafat pendidikan Freire. Untuk itu akan dipaparkan latar belakang kehidupannya dan pandangannya tentang pendidikan. Penulis akan memaparkan secara garis besar alur pemikiran pendidikan Freire untuk menampilkan “gambar besar” bagi pembaca yang belum terlalu mengenalnya. Selanjutnya, secara khusus penulis akan menyoroti dikotomi antara “Banking Concept of Education” dan “Problem Posing Method” yang tampaknya menjadi salah satu pemikirannya yang khas. Berikutnya, penulis akan mencoba berdialog secara kritis dengan pemikiran Freire untuk melihat kemungkinan-kemungkinan sumbangsihnya yang aplikatif dan kontekstual untuk pendidikan Kristen di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wahyu Pramudya

Penulis adalah adalah alumnus Seminari Alkitab Asia Tenggara dengan gelar S. Th.; kini sedang menyelesaikan studi magister teologi bidang pendidikan orang dewasa di Sekolah Tinggi Teologi Baptis Indonesia, Semarang dan melayani secara parowaktu sebagai moderator PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam) yang diselenggarakan oleh Lembaga SABDA

Downloads

Published

01-10-2001

How to Cite

Pramudya, Wahyu. “Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, Dan Pendidikan Kristen Di Indonesia ”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (October 1, 2001): 245–255. Accessed August 11, 2022. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/63.

Issue

Section

Articles