Gereja Sebagai Umat Pilihan Allah dalam Pandangan Clemens Romanus

Authors

  • Yudha Thianto Calvin Theological Seminary

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v2i1.49

Keywords:

Church, Church -- History of doctrines.

Abstract

Surat 1 Clement yang ditulis oleh Clemens Romanus (Clement of Rome) adalah salah satu naskah gereja abad permulaan yang dianggap memegang peranan penting dalam sejarah gereja mula-mula. Surat ini ditulis pada akhir abad pertama Masehi, sekitar tahun 95-96, dan merupakan tulisan Kristen paling awal sesudah penutupan kanon Perjanjian Baru yang kita miliki. Naskah ini berbentuk surat kiriman dan dicantumkan bersama-sama dengan salinan naskah Perjanjian Baru yang dimuat dalam Codex Alexandrianus, yang selalu dinilai memiliki bobot yang tinggi dalam analisa tekstual untuk salinan kitab-kitab Perjanjian Baru. Kenyataan bahwa surat ini dicantumkan bersama-sama dengan salinan Perjanjian Baru membuktikan bahwa gereja abad mula-mula sangat menghargai surat ini. Selain itu, surat ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, Syriac, dan Coptic, sehingga isinya dapat dibaca oleh lebih banyak umat Kristen di wilayah yang lebih luas lagi, yakni di sekitar Yunani, Siria, Palestina dan Mesir pada akhir abad pertama dan awal abad kedua Masehi. …Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk menunjukkan bahwa bagi Clement, pemahaman mengenai gereja sebagai umat pilihan Allah yang diikat erat dengan tali kasih satu dengan yang lain, adalah cara terpenting untuk mengatasi dan mencegah perpecahan di antara orang percaya. Menurut Clement gereja sebagai umat pilihan Allah memiliki tanggung jawab yang besar untuk menunjukkan kasih satu kepada yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yudha Thianto, Calvin Theological Seminary

Penulis adalah kandidat Ph. D. dalam bidang Historical Theology di Calvin Theological Seminary, Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat

Downloads

Published

01-04-2001

How to Cite

Thianto, Yudha. “Gereja Sebagai Umat Pilihan Allah Dalam Pandangan Clemens Romanus”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 1 (April 1, 2001): 101–112. Accessed February 4, 2023. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/49.

Issue

Section

Articles