Konsumerisme dan Teologi Moral: Kajian Kritis dan Responsibilitas Moral Kristiani terhadap Konsumerisme

Authors

  • Eko Haryanto Program Studi Magister Teologi Seminari Alkitab Asia Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v13i1.255

Keywords:

Consumption (Economics), Consumer behavior., Christian ethics

Abstract

Pertanyaan pokok kajian ini adalah apakah korelasi konsumerisme dan teologi moral? Kajian ini mempunyai dua bagian yaitu: pertama, mengupas prasuposisi moral yang melatarbelakangi konsumerisme; kedua, mengerangkakan tanggung jawab moral terhadap konsumerisme dari perspektif kristiani. Tesis makalah ini mengemukakan bahwa konsumerisme mendorong konsumen untuk memilih memaksimalkan jati dirinya melalui tindakan konsumtif, baik terhadap tujuannya (telos) maupun motivasinya. Hal ini menyirikan bahwa falsafah konsumerisme cenderung mengantar seseorang menyangkal jati dirinya sebagai ciptaan Allah yang bermoral dengan menjadi tamak sehingga hidupnya tidak tergantung pada Allah melainkan kepada hal-hal material.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Haryanto, Program Studi Magister Teologi Seminari Alkitab Asia Tenggara

EKO HARYANTO sedang menyelesaikan penulisan tesis untuk memperoleh gelar M.Th. di Seminari Alkitab Asia Tenggara; kini melayani di Gereja Kristen Tritunggal, Bandar Lampung

Downloads

Published

01-04-2012

How to Cite

Haryanto, Eko. “Konsumerisme Dan Teologi Moral: Kajian Kritis Dan Responsibilitas Moral Kristiani Terhadap Konsumerisme”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 13, no. 1 (April 1, 2012): 17–30. Accessed May 21, 2022. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/255.

Issue

Section

Articles