Mencari Esensi dan Misi Gereja dalam Konteks Indonesia Awal Abad 21

Authors

  • Winfrid Prayogi Program Pascasarjana, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36421/veritas.v1i1.28

Keywords:

Church -- Indonesia., Missions.

Abstract

Memiliki identitas diri adalah sesuatu yang sangat penting bila kita ingin melakukan sesuatu yang mempunyai landasan yang kokoh dan sasaran yang jauh ke depan. Dalam kaitan dengan identitas diri tersebut, penulis mengajak kita memikirkan mengenai peran yang seharusnya dimainkan oleh Gereja Tuhan di Indonesia. Peran tersebut baru menjadi jelas apabila dibarengi dengan kesadaran yang mendalam akan jati diri serta konteks yang kita hadapi pada saat ini dan di masa mendatang. Terlebih mengingat kita akan memasuki abad baru, abad yang diharapkan memunculkan kedewasaan Gereja menjelang kedatangan sang Raja Gereja, Yesus Kristus, yang semakin mendekat. Dalam tulisan ini penulis berusaha mengetengahkan apa yang menjadi esensi dan makna keberadaan Gereja dalam dunia. Sebetulnya peran seperti apa yang seharusnya dilakukan oleh Gereja dalam dunia ini? Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia saat ini, wajah dan kiprah Gereja yang seperti apakah yang kontekstual tetapi yang sekaligus tetap Alkitabiah?

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Winfrid Prayogi, Program Pascasarjana, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

Penulis melayani sebagai Pemimpin Umum Yayasan Gloria di Yogyakarta; saat ini sedang menyelesaikan penulisan tesis program magister teologi di Program Pascasarjana, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

Downloads

Published

01-04-2000

How to Cite

Prayogi, Winfrid. “Mencari Esensi Dan Misi Gereja Dalam Konteks Indonesia Awal Abad 21”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 1 (April 1, 2000): 39–51. Accessed December 2, 2022. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/28.

Issue

Section

Articles