Peran Ayah dalam Mendidik Anak

  • Heman Elia Seminari Alikitab Asia Tenggara
Keywords: Fatherhood., Parenting -- Religious aspects -- Christianity.

Abstract

Tampaknya ada semacam kebingungan dan perasaan frustrasi pada kebanyakan keluarga dalam hal mendidik anak pada saat ini. Keresahan ini membuat banyak keluarga mengalami keretakan atau kekurangharmonisan. Salah satu penyebab kekacauan dalam hal mendidik anak adalah karena terjadinya perubahan dalam struktur dan pola hubungan antar anggota keluarga. ... Namun saya kira ancaman yang paling serius terhadap peran ayah dalam mendidik anak adalah pandangan yang hidup subur di masyarakat, bahwa ibulah yang bertugas untuk mendidik anak. Segala tugas yang menyangkut anak--termasuk masalah akademik dan perilaku moralistik--adalah urusan dan tanggung jawab ibu. Maka bila ada masalah dengan anak yang selalu disalahkan adalah pihak ibu. Pandangan semacam ini lebih banyak dimiliki pria dibanding wanita. Repotnya, tatkala seorang ibu menuntut lebih banyak keterlibatan dari pihak ayah, para ayah bersikukuh dengan pendapatnya bahwa ibulah yang seharusnya bertanggung jawab atas pendidikan anak. Situasi semacam ini menyebabkan banyak anak telantar atau bahkan tercabik-cabik di tengah keadaan saling menyalahkan di antara kedua orangtua. Berbagai faktor di atas membuat peran ayah dalam kehidupan anaknya saat ini menjadi tidak jelas dan lebih berat dibanding dengan masa sebelum ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heman Elia, Seminari Alikitab Asia Tenggara

Penulis menyelesaikan program magister psikologi bidang kekhususan psikologi klinis di Fakultas Pascasarjana, Universitas Indonesia, Jakarta (1995); sekarang melayani sebagai dosen psikologi dan konseling di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang

Published
2000-04-01
How to Cite
Elia, Heman. “Peran Ayah Dalam Mendidik Anak”. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 1 (April 1, 2000): 105-113. Accessed March 7, 2021. http://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/23.
Section
Articles